ABET DAN TAMBANG EKSPLORASI

Home / Divisi Kajian / ABET DAN TAMBANG EKSPLORASI

ABET DAN TAMBANG EKSPLORASI

Teknik pertambangan Institut Teknologi Bandung berada dalam Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan dan memiliki dua sub jurusan yakni Tambang Umum dan Tambang eksplorasi. Setelah puluhan tahun berdiri, Teknik Pertambangan ITB kini telah mendaftarkan disi untuk mendapat sertifikasi Internasional ABET.

Namun dalam pelaksanaan sertifikasi, sub jurusan tambang eksplorasi tidaklan menjadi bagian dari “mining engineering” karena terdapat beberapa perbedaan mata kuliah yang tidak diambil dalam tambang ekplorasi dan hanya ada dalam tambang umum. Oleh karena itu terdapat berbagai kemungkinan yang mungkin terjadi jika memang hanya sub jurusan tambang umum yang nantinya mendapat sertifikasi jika memang lolos dalam uji sertifikasi.

Kemungkinan yang mungkin diantaranya adalah mahasiswa tambang eksplorasi mengambil juga matakuliah yang selama ini hanya diwajibkan bagi tambang umum. Selain itu adapula keungkinan lain yakni untuk sementara tambang eksplorasi tidak memiliki akreditasi internasional dan kedepannya dipikirkan mengenai sertrifikasi tersebut. Lebih jauhnya adapula yang berpendapat sub jurusan eksplorasi keluar dari prodi Teknik Pertamabngan seperti halnya jurusan teknik metalurgi yang juga dulunya ada dalam subjurusan teknik pertambangan.

Dapat diambil beberapa kesimpulan bahwa :

  • Bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan sertifikasi ABET dalam ijazahnya maka dipersilakan untuk mengambil juga matakuliah wajib yang diambil oleh subjurusan tambang umum.
  • Untuk sementara ini Tambang eksplorasi masih menjadi bagian dari teknik pertambangan dan mereka dapat pula lulus dengan semestinya walaupun tanpa sertifikasi ABET.
Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search