BANJIR BANDUNG SELATAN

Home / Uncategorized / BANJIR BANDUNG SELATAN

BANJIR BANDUNG SELATAN

by

Tim Sosial Kemasyarakatan 2015/2016

 

Dapat dirasakan sendiri hingga akhir bulan Maret ini hujan selalu turun hampir setiap hari. Namun puncaknya pada sabtu dan minggu (12-13 maret 2016) hujan deras mengguyur Cekungan Bandung menyebabkan sungai Citarum meluap. Tercatat sekitar 24.000 rumah di 15 kecamatan di Kabupaten Bandung terendam dan menyebabkan 2 orang tewas dan 3 orang hilang. Korban pertama, Risa (13, Dayeuhkolot) diduga tersengat aliran listrik saat banjir. Korban kedua, Ny Ela (40, sukasari/pameungpeuk) karena terseret arus. Sementara 3 orang yang hilang adalah suami Ny Ela dan 2 anak nya. Saat banjir, keluarga Ny Ela berusaha menyelamatkan diri ke bangunan di tepi sungai namun tiba-tiba bangunan tersebuit roboh.

 

 

Menurut Kepala Pelaksanaan BPBD Kabopaten Bandung, Tata Irawan, hingga minggu malam tercatat sekitar 7.500 warga yang harus mengungsi. Mereka terutama yang tinggal di daerah yang dekat dengan Sungai Citarum. Seperti Baleendah, Dayeuhkolot, dan Bojongsoang karena ketinggian air di daerah tersebut mencapai 2 meter. Sedangkan di wilayah lain ketinggian air bervariasi seperti di Rancaekek, Cileunyi, Solokan Jeruk, Majalaya, Ciparay, dan Cicalengka yaitu antara 50 cm hingga 120 cm.

Selain Di Bandung, sejumlah wilayah di Indonesia juga dilanda banjir. Seperti di Kalimantan Barat, banjir menggenangi Kabupaten Ketapang dan meluas hingga kecamatan Nanga Tayap dan Sandai. Sementara itu di Jawa Timur akibat luapan Kali Lamong dan Kali Surabaya, wilayah Kabupaten Gresik kembali banjir dan sedikitnya 3.600 rumah tergenangi air yang mencapai ketinggian 70 cm.

KALIMANTAN BARAT

GRESIK

Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search