Belajar CSR – 9 November 2014

Home / Articare (Divisi Sosial Kemasyarakatan) / Belajar CSR – 9 November 2014

Belajar CSR – 9 November 2014

Pertambangan adalah salah satu sektor industri yang memiliki peran yang vital dalam pengembangan suatu daerah dari segi infrastruktur ataupun suprastruktur , seperti pembangunan jalan, sekolah, ruma sakit dan pusat pelayanan umum lainnya. Dari sudut pandang  yang lain pertambangan juga memiliki damapak negatif yang dapat berakibat serius dalam perkembangan suatu daerah (sekitar lokasi pertambangan). Permasalahan yang sering terjadi adalah kesenjangan sosial dan juga permasalahan lingkungan yang terabaikan seolah-olah adanya.

Dimana jika kegiatan pertambangan tersebut melakukan GMP ( Good Mining Practice ) maka seharusnya selain sektor ekonomi yang harusnya untuk kesejahteraan rakyat, sosial dan juga penegembangan daerah secara kualitas hidup yang juga harus diperhatikan. Namun secara fakta di lapangan tercatat bahwa tidak semua industri pertambangan melakukannya dengan alasan-alasan tertentu. Mungkin karena pemangku jabatan, pemilik perusahaan atau direktur perusahaan tidak memiliki dasar kepekaan sosial yang tinggi, sehingga permasalahan lingkungan dan juga kesenjangan sosial terjadi di dalamnya.

Suatu hal yang kecil dan memiliki nilai yang luar biasa, kepedulian sosial. CSR atau Coorporate Social Responbility yang sering disebut salah satu bentuk kontribusi suatu perusahaan tambang dalam membangun daearh dari segi ekeonomi maupun sosialnya. Hal kecil tersebut dapat kita biasakan dan latih sejak dini, di sini HMT-ITB. Kepedulian yang sederhana dengan CSR juga tentunya, yaitu Coba Saling Respect dalam hubungan bersosialiasasi di HMT ini. Dengan belajar menghargai orang lain dan menjalankan kewajiban masing –masing dengan benar. Satu lagi yang tidak kalah penting adalah Coba Saling Respon kepada permasalahan yang dialami oleh masyarakat sekitar kampus, kos, ataupun tempat lainnya. Di HMT ini kita bisa belajar hal itu, dengan minimal dengan Coba Selalu Ramaikan proker-proker SOSMAS HMT-ITB dan divisi-divisi lainnya. Semoga dengan itu kita dapat lebih menghargai lingkungan alam dan sosial serta bertanggung jawab dengan apa yang akan kita lakukan kelak di dunia pertambangan.

Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

Articare 6 - GMP #5 Des 2014