Bumi Bulat ataukah Datar?

Home / Divisi Kajian / Bumi Bulat ataukah Datar?

Bumi Bulat ataukah Datar?

Akhir-akhir ini di berbagai media sosial telah marak dibahas tentang bumi yang berbentuk datar (flat earth). Ga cuma di Indonesia, di Amerika pun pandangan bumi datar pun heboh dan cukup banyak dipercaya oleh beberapa kalangan. Contohnya Flat Earth Society (juga dikenal sebagai International Flat Earth Society atau International Flat Earth Research Society) adalah sebuah organisasi yang memiliki keyakinan bahwa bumi berbentuk datar, bertentangan dengan fakta-fakta ilmiah yang menunjukkan bahwa bumi itu bulat. Organisasi modernnya didirikan oleh seorang pria asal Inggris, Samuel Shenton pada 1956,dan kemudian dipimpin oleh Charles K. Johnson, yang menjadikan rumahnya di Lancaster, California, sebagai basis organisasi. Organisasi ini tidak lagi aktif semenjak kematian Johnson pada 2001, namun baru-baru ini organisasi Flat Earth Society dimunculkan kembali oleh presiden barunya, Daniel Shenton.

Hasil kajian yang dilakukan oleh HMT-ITB 2015 yaitu:

Tanggapan Flat Earth :

  1. Kabarnya ada 13 Ribu Satelite mengudara di Atmosfer kita.Ada banyak orang yang dapat melihat benda langit serta bintang yang jauh dengan teleskop. Bahkan termasuk Bintang Baru yang tadinya belum pernah dilihat orang.Fakta anehnya, Jika ada Ribuan Telescope di dunia ini yang dapat dan mampu melihat bintang di langit, mengapa tidak ada satupun yang dapat melihat Satelite dan memfoto satelit dengan teleskop.?
  2. Orang hanya bisa keliling dunia dari barat ke timur, atau sebaliknya. Tak ada yang keliling dunia ke selatan dan tiba di utara.
  3. Dari sydney ke santiago chile harus melintasi samudera atlantik yang jauh? Bila bumi berbentuk bola, bukankah akan lebih dekat jika melalui antartika?

Bantahan Flat earth

  1. Kalau kita mencari gambar bumi di google, maka semua gambar bumi berbentuk bulat ialah CGI (computer generated imaginary/buatan komputer). Ini benar, bahkan semua foto bumi bulat yang dipublikasikan NASA juga CGI. Tapi, darimana gambar CGI ini dibuat? Ternyata gambar-gambar CGI ini dibuat dari fotografi satelit NASA. Jadi gambar CGI ini dibuat berdasarkan sekumpulan gambar-gambar yang diperoleh oleh satelit luar angkasa yang dimiliki NASA yang kemudian digabungkan menjadi satu. Kenapa perlu menggabungkan banyak foto untuk jadi satu foto bumi bulat? Karena bumi berukuran sangat besar dan satelit yang ada tidak cukup jauh untuk mengambil gambar satu bumi penuh (bumi bulat). Misalkan saja kalian ingin memotret foto rumah, tetapi posisi kalian hanya satu meter di depan rumah, apa kalian bisa mengambil foto rumah kalian secara penuh? Tentu saja tidak, sekarang permasalahannya, kalian tidak bisa mundur, hanya bisa mengitari dalam jarak satu meter itu saja, bagaimana cara agar bisa dapat seluruh gambar rumah? Tentu saja dengan mengambil banyak foto dan kemudian menggabungkannya.
  2. Setidaknya ada 1381 satelit di angkasa. Tidak semua foto satelite ini merupakan CGI, kita bisa cari sendiri foto real satelit. Di video flat earth dikatakan bahwa angkasa luar penuh sesak dengan satelite. Mari kita lihat dengan perspektif yang lebih baik. Satelite yang paling dekat dengan permukaan bumi disebut sebagai LEO (Low Earth Orbit) yang beredar di bumi pada ketinggian 160-2000 km. Jumlah satelit LEO ini sekitar 500 satelit. Jika melihat luas permukaan bumi (bulat), maka ada 500 satelit yang beroperasi di luasan  510,072,000 km2. Jika kita bagikan  ialah 510,072,000 km2 : 500=  +-1.000.000 km2. Jadi hanya akan ada 1 satelit setiap 1.000.000 km2.

Selain jumlahnya yang tidak terlalu banyak jika dibandingkan bumi, ternyata ukuran satelit juga sangat kecil, terlalu kecil untuk bisa teramati di teleskop. Ukuran dari ISS (International Space Station) ialah sebesar lapangan American Football (0.0055km^2) sedangkan bulan ialah 9.476.927 km^2, perbandingannya 1:1.723.077.636,3636. Satelit yang ukurannya 1/1.723.077.636,3636 kali ukuran bulan ini bergerak dengan kecepatan 28.000 km/jam. Sudah kecil, bergeraknya sangat cepat lagi, fakta-fakta inilah yang menyebabkan sangat sulit untuk melihat satelit melalui teleskop.

Maka menemukan sebuah satelit tidaklah semudah yang pembuat video ini katakan. Walapun begitu, tetap masuk akal sekali kalau kita seharusnya bisa melihat satelit di langit dengan teleskop. Oleh karena itu ada orang yang membuktikannya, ini sebuah video dimana seseorang mengamati satelit menggunakan teleskop. Pasti akan muncul pertanyaan seperti ini “teleskop bisa menampilkan gambar planet-planet lain, tetapi satelit yang dekat nggak bisa dilihat dengan jelas?”
Itu karena ukuran satelit memang sangat kecil jika dibandingkan dengan planet. Seperti venus misalnya, kita bisa mengamati bahkan dengan mata telanjang. Jadi wajar kalau teramati dengan lebih jelas menggunakan teleskop, sedangkan satelit ukurannya sangat-sangat kecil bila dibandingkan dengan planet.

  1. Saat ini telah ada penerbangan yang melewati antartika, maka sudah tentu pendapat diatas tidak valid.

Kesimpulan :

Terlepas dari apakah teori bumi datar ini benar ataukah tidak, apakah penggagas dan penganut teori Bumi datar ini sudah sinting ataukah tidak.

Setidaknya adanya gerakan sebagian masyarakat yang menyuarakan fakta bahwa Bumi ini sesungguhnya adalah datar, dapat membuat kita mengkaji ulang berbagai informasi yang sudah ditanamkan ke dalam otak kita. Yang mana informasi itu akhirnya menjadi sebuah sugesti hipnotis yang kita yakini di dalam pikiran kita.

Benarkah segala hal yang kita yakini selama ini adalah benar adanya? Apakah selama ini informasi yang disajikan kepada kita semua adalah benar sesuai kenyataan yang ada? Ataukah semua itu hanya sebuah rekayasa demi kepentingan kelompok tertentu saja?

Ya, adanya pro kontra bumi datar ini. Setidaknya Dapat menjadi pendobrak kebekuan kita dalam berfikir dan kemalasan kita dalam menganalisa kesahihan informasi yang disampaikan kepada kita. Yang tanpa sadar, semuanya itu telah memenjarakan fikiran kita pada suatu persepsi dan pemikiran yang telah disetting sedemikian rupa hanya demi kepentingan sekelompok orang tertentu saja

 

Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search