Evaluasi Penataan Izin Usaha Pertambangan

Home / Divisi Keprofesian / Evaluasi Penataan Izin Usaha Pertambangan

Evaluasi Penataan Izin Usaha Pertambangan

Setelah terjadinya reformasi, kondisi pertambangan di Indonesia menurun diakibatkan adanya perubahan pada sistem yang diterapkan. Perubahan yang dilakukan yaitu dari sistem pemerintahan yang sebelumnya sentralistik menjadi desentralistik. Hal ini didasari dengan adanya UU No. 22 Tahun 1999 yang kemudian diamandemen menjadi UU No. 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah (Pemda). Dalam PP No. 75 Tahun 2001, yang merupakan perubahan kedua PP Nomor 32 Tahun 1969 Tentang Pelaksanaan UU Pokok Pertambangan Nomor 11 Tahun 1967 diatur bahwa pemda (Bupati/Walikota/Gubernur) sesuai dengan kewenangannya dapat menerbitkan Kuasa Pertambangan. Maka, selama periode 2000-2009 terdapat banyak Kuasa Pertambangan yang diterbitkan oleh pemda.

Banyaknya Kuasa Pertambangan yang dikeluarkan oleh pemda membuat pembagian wilayah pertambangan menjadi rumit. Terdapat beberapa wilayah pertambangan yang saling tumpang tindih dikarenakan setiap daerah berhak mengeluarkan Kuasa Pertambangan sehingga sulit dikontrol oleh pemerintah pusat. Disahkannya UU No. 4 tahun 2009 telah mengakhiri skema kontrak atau perjanjian yang ada, kemudian skema perizinan beralih menggunakan pola izin Usaha Pertambangan (IUP). Seluruh Kuasa Pertambangan yang telah terbit harus diubah menjadi IUP.

keprof1

Dengan kondisi pembagian wilayah pertambangan ada yang tumpang tindih maka penataan IUP perlu dilaksanakan. IUP terbagi menjadi 2 yaitu, IUP Clear and Clean (CnC) dan IUP Non Clear and Clean (Non CnC). IUP Clear and Clean adalah IUP yang wilayahnya tidak tumpang tindih dan/atau perizinannya tidak bermasalah sehingga dapat masuk dalam Wilayah Usaha Pertambangan. IUP Non Clear and Clean adalah IUP yang perizinannya bermasalah dan /atau wilayahnya tumpang tindih.

keprof2

Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan penataan terhadap 10.922 perusahaan yang memiliki IUP. Kementrian ESDM membentuk tim CnC dengan menggandeng Kejaksaan Agung, Kementerian Hukum dan HAM, Bareskrim Polri, Kementerian Dalam Negeri, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan, dan Badan Informasi Geospasial.

Hasil yang didapat dari 10.992 IUP yang ada, sebanyak 6.042 IUP berhasil mendapatkan status CnC dan 4.880 IUP belum lolos. Dari 6.042 IUP yang berhasil mendapatkan status CnC, 5.381 IUP berasal dari sektor mineral dan 1.461 IUP berasal dari sektor batubara.

Perusahaan yang IUP berstatus non CnC akan menghadapi beberapa permasalahan. Dalam aspek bisnis, ketika perusahaan ingin menjual atau bekerjasama dengan pihak lain tentunya akan dilihat potensi bisnis kedepan terkait legalitas IUP tersebut. Perusahaan yang IUP berstatus non CnC akan mengurangi minat penjual atau investor untuk menerima tawaran bisnis tersebut. Dalam ekspor pertambangan mineral, diatur dalam PP No. 1 Tahun 2014 dan Permen No. 1 Tahun 2014 bahwa salah satu persyaratannya adalah IUP berstatus CnC. Pemerintah harus tegas untuk permasalahan ini, perusahaan yang IUP berstatus non CnC diberi peringatan dan jangka waktu untuk menyelesaikan masalah perizinan dan/atau wilayah yang masih tumpang tindih. Pada saat melewati batas waktu yang telah ditentukan, pemerintah berhak memberikan sanksi administratif dengan sanksi paling berat berupa pencabutan IUP.

Saat semua IUP telah berstatus CnC menandakan bahwa proses penataan IUP yang dilaksanakan oleh pemerintah berjalan dengan baik. Manfaat penataan IUP ini antara lain untuk membagi wilayah IUP dengan baik, mengetahui produksi mineral dan batubara, mengoptimalisasi penerimaan negara bukan pajak (iuran tetap, royalti, penjualan hasil tambang), dan menentukan pemenuhan kebutuhan domestik. Penataan IUP ini dapat merevisi data nasional IUP yang dimiliki oleh pemerintah pusat. Sehingga, kedepannya kita dapat memaksimalkan potensi sumber daya alam dalam sektor mineral dan batubara Indonesia!

Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

Strip_coal_mining