IUPK Freeport diperpanjang hingga 10 Januari 2018

Home / Divisi Keprofesian / IUPK Freeport diperpanjang hingga 10 Januari 2018

IUPK Freeport diperpanjang hingga 10 Januari 2018

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan memutuskan kembali memperpanjang Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) sementara untuk PT Freeport Indonesia selama tiga bulan ke depan. Awalnya, IUPK sementara diberikan sejak 10 Februari sampai 10 Oktober 2017. Saat ini IUPK sementara diperpanjang kembali sampai tiga bulan ke depan. Artinya, IUPK sementara anak usaha Freeport McMoran tersebut diperpanjang hingga 10 Januari 2018. Jonan beralasan, perpanjangan waktu IUPK sementara diberikan karena proses negosiasi antara pemerintah dan Freeport Indonesia masih menemui jalan buntu. Perpanjangan izin ini diharapkan dapat menuntaskan proses negosiasi.

“Kalau IUPK-nya tiap enam bulan. Jadi ini akan diperpanjang tiga bulan untuk bisa menyelesaikan (negosiasi). Divestasi 51 persen kapan, jadwalnya bagaimana, harganya berapa. Pasti tiga bulan saja,” tuturnya. Dengan perpanjangan IUPK sementara ini, izin ekspor konsentrat untuk Freeport ikut diperpanjang selama tiga bulan.
Sementara itu, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Bambang Gatot menjelaskan, syarat agar perusahaan tambang itu dapat melakukan ekspor konsentrat adalah harus mengantongi status IUPK. Oleh karena itu, pemerintah memperpanjang kembali IUPK sementara hingga tiga bulan ke depan.

Terkait pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral atau smelter, Freeport sedang melakukan pembangunan. Penunjukan lokasi smelter pun sudah disepakati di Gresik, terintegrasi dengan yang sudah ada. Saat ini kemajuan pembangunan smelter sedang dalam studi amdal.

Dari sisi kebijakan, terlihat bahwa tarik ulur yang dilakukan oleh pemerintah menunjukkan bahwa kita masih belum mampu untuk mengelola Freeport apabila dilakukan nasionalisasi, sehingga pemerintah berusaha agar Freeport tetap mengelola kegiatan penambangan. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah dengan memiliki saham terbesar Freeport Indonesia agar kita punya kuasa untuk menentukan kebijakan yang berdampak besar, terutama terhadap ekonomi dan keuangan.

Referensi :

http://m.liputan6.com/bisnis/read/3122393/menteri-jonan-ungkap-hasil-perundingan-ri-dan-freeport-ke-dpr?utm_source=Mobile&utm_medium=line&utm_campaign=Share_Top

http://m.liputan6.com/bisnis/read/3122732/jonan-perpanjang-iupk-freeport-hingga-10-januari-2018?utm_source=Mobile&utm_medium=line&utm_campaign=Share_Top

http://ekonomi.metrotvnews.com/energi/aNrVW31N-iupk-sementara-freeport-kembali-diperpanjang-3-bulan

https://ekbis.sindonews.com/read/1246766/34/negosiasi-alot-izin-sementara-freeport-diperpanjang-3-bulan-1507545521

Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search