Kompensasi Harga DMO Murah, Kuota Produksi Batu Bara Ditambah

Home / Divisi Keprofesian / Kompensasi Harga DMO Murah, Kuota Produksi Batu Bara Ditambah

Kompensasi Harga DMO Murah, Kuota Produksi Batu Bara Ditambah

Kementerian ESDM tambah kuota produksi batubara sebesar 10 persen dari kuota produksi yang sudah ditetapkan untuk pengusaha batubara. Tambahan ini diberikan lantaran Harga Batubara Acuan (HBA) untuk keperluan domestik (Domestic Market Obligation/DMO) khusus bagi PLN dibanderol lebih murah dibanding HBA internasional. Kewajiban Perusahaan menjual batubaranya pada domestik sebesar 25% sedangkan sisanya dibebaskan yaitu dijual di dalam negeri atau diekspor ke luar negeri. Kementerian ESDM pada tanggal 12 Maret 2018 telah menetapkan HBA DMO batubara sebesar USD70 per ton sedangkan HBA Internasional sebagaimana yang dirilis Ditjen Minerba per Maret 2018, yaitu sebesar USD101,86 per ton. Penetapan HBA DMO batubara sebesar USD70 per ton merupakan jalan tengah dari HBA DMO batubara yang ajukan oleh pihak PLN dan pengusaha tambang yang tentunya tetap menguntungkan kedua belah pihak.

Sebelumnya, pemerintah mencanangkan kuota produksi batu bara nasional sekitar 485 juta ton untuk tahun 2018. Jika ditambah 10 persen, maka produksi bertambah menjadi 533.5 juta ton. Angka ini meningkat 15 persen dari realisasi  produksi di tahun 2017, yang mencapai sekitar 461 juta ton. Tambahan produksi ini tentunya dipandang sebagai insentif bagi pengusaha. Sebab dengan bertambahnya kuota produksi, maka kuota ekspor bertambah pula. Harapannya, keuntungan dari hasil ekspor yang bertambah bisa menjadi “subsidi” bagi batubara domestik yang dibanderol murah.

Sumber :

  • DISKUSI CEO FORUM METRO TV : ENERGI DAN DILEMA INDUSTRI TAMBANG NASIONAL (22 Maret 2018)

 

 

 

 

HMT ITB
HMT ITB
Dibuat untuk memenuhi kebutuhan akan informasi mengenai HMT-ITB baik dari internal HMT-ITB sendiri maupun dari masyarakat luas.
Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search