Maraknya Berita HOAX Yang Tersebar Di Indonesia

Home / Divisi Kajian / Maraknya Berita HOAX Yang Tersebar Di Indonesia

Maraknya Berita HOAX Yang Tersebar Di Indonesia

Sebuah pemberitaan palsu adalah usaha untuk  menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut palsu.

Dari diskusi yang dilaksanakan, dibahas beberapa faktor penyebab banyaknya terjadi pemberitaan hoax di Indonesia seperti:

  1. Pengalihan isu, berdasarkan hasil diskusi yang dilakukan pengalihan isu merupakan salah satu faktor penyebab munculnya berita hoax guna untuk menutupi/meredam isu-isu lain yang diharapkan tidak menyebar.
  1. Ditungganggi kepentingan, banyaknya berita hoax didominasi oleh akun-akun di media sosial yang baru bermunculan. Akun-akun yang menyebarkan berita hoax ini tentu akan banyak mencuri perhatian masyarakat, sehingga penyebaran berita melalui akun ini akan cepat dan efektif. Hal ini dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang menginginkan benefit berupa materi maupun kepentingan untung menjatuhkan citra suatu komunitas maupun perseorangan.
  1. Kurang informasi yang digunakan untuk membuat berita tersebut menyebabkan perbedaan antara fakta kejadian dan informasi yang didapat oleh masyarakat luas.
  1. Kurangnya penegakkan hukum merupakan salah satu penyebab terjadinya banyak berita hoax beredar, karena kurangnya pengawasan dan penindakkan terhadap oknum yang menyebarkan maupun menciptakan berita hoax tersebut.

Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan tersebut didapat beberapa kesimpulan dan saran yang didapat yaitu harus diperkuat lagi undang-undang yang mengatur mengenai penyebaran isu-isu yang tidak sesuai dengan fakta-fakta/ tidak akurat, baik secara pengawasan maupun penindakan bagi oknum yang telah menyebarkan dan membuat berita hoax tersebut, serta menyarankan agar masyarakat mengecek kembali kebenaran berita/ sumber berita tersebut sebelum menarik kesimpulan dan menyebarkan berita tersebut.

Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search