Memaknai 11 Tahun Tsunami Aceh

Home / Articare (Divisi Sosial Kemasyarakatan) / Memaknai 11 Tahun Tsunami Aceh

Memaknai 11 Tahun Tsunami Aceh

MEMAKNAI 11 TAHUN TSUNAMI ACEH

26 Desember 2015 sudah genap 11 tahun setelah terjadinya bencana yang menelan korban jiwa dengan jumlah tidak sedikit dan juga harta yang membuat warga Aceh dan sekitarnya trauma akan hal ini.
Berbagai hal telah dilakukan untuk membangkitkan kembali berbagai sektor yang telah rusak mulai dari infrastruktur hingga sektor pariwisata yang dapat membangkitkan perekonomian warga Aceh dan sekitar yag terkena dampak Tsunami Aceh secara langsung.
Setiap tahun selalu diadakan acara untuk memperingati bencana terebut di beberapa daerah khususnya Provinsi Aceh agar menjadi momentum untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi kejadian serupa di masa depan. Salah satunya adalah kegiata yang dilakukan oleh Pemerintah Aceh. Pemerintah Aceh akan menggelar upacara mengenang 11 tahun tsunami yang merenggut lebih 200 ribu jiwa. Aksi ini aka dipusatkan di Masjid Rahmatullah, Lampuuk, Kecamatan Lhok Nga, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu 26 Desember 2015.

Upacara Tsunami tahun lalu dipusatkan di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla dan perwakilan Negara – Negara donor yang pernah membantu Aceh setelah dilanda Tsunami, 26 Desember 2004. Upacara tsunami kali ini bertajuk “Memajukan Negeri Membangun Msyarakat Siaga Bencana “diharapkan tak hanya semata hanya untuk berkumpul mengenang , bernostalgia dan berakhir begitu saja.

Seyogyanya, peringatan suatu kejadian bencana harus diisi dengan dua hal. Pertama evaluasi mengenai hal-hal yang telah dilakukan dalam rekonstruksi paska bencana dan (yang terpenting) sejauh mana kondisi paska bencana tersebut lebih baik dalam konteks mitigasi bencana dibandingkan dengan kondisi sebelum bencana. Yang kedua adalah bagaimana melanjutkan dan menyampaikan pembelajaran dari kejadian bencana tersebut kepada generasi selanjutnya.

Recent Posts
Showing 3 comments
  • ACT Foundation
    Reply

    Tsunami Aceh adalah bencana paling besar dalam sejarah Indonesia
    hendaknya kita semua selalu waspada dan siaga bencana
    #AksiCepatTanggap

  • Banjir Sumatera
    Reply

    Februari 2016 Aceh dan daerah Sumatera lain diterjang banjir dimana-mana

  • Rekning Donasi
    Reply

    Bantuan donasi kemanusiaan global, yuk ringankan beban mereka yang tertimpa musiabah

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

pendidikan