OSD

Home / OSD

SEJARAH OSD HMT-ITB

Tahun 1978 dengan dimotori oleh Herryal Zoelkarnaen (TU ’73) lahirlah OSD seperti yang kita kenal sekarang. Dahulu, OSD dikenal dengan nama “OSD Miner” dengan personel awalnya yaitu:

  • Manager : Unan Gunawan ( TU 76 )
  • Vokalis : Chazali ( MET 73 ), M.Irfan (75)
  • Mandolin : Syahrul Nazril (TU 77)
  • Gitaris : Setiawan (74), Yultido I (75), Permadi Gunadi (74)
  • Basis : Lukman Nurhakim (75)

Awalnya, OSD didirikan sebagai alat bantu perjuangan moral menentang rencana pemerintah untuk membungkam kebebasan mahasiswa lewat kebijakan NKK (Normalisasi Kehidupan Kampus) di akhir 70an. Dengan lagu-lagu dan ucapan-ucapan kocak OSD mengkritik pemerintah secara santun. Hal ini dilakukan agar tidak tertangkap oleh tentara. Justru waktu itu, tentara-tentara yang mengawasi penampilan OSD malah senang menonton OSD yang kocak. Lagu-lagu semakin bertambah dengan masuknya Sumaryanto (79) dan Veterano Sitompul. Nama OSD dipakai setelah mereka masuk. Lirik lagu OSD banyak dibuat oleh Iwanudin a.k.a Iwan Blow (’75). Beliau juga menciptakan lagu kebangsaan anak-anak OSD yaitu ERIKA.

Sempat, dari hasil OS jurusan, ketahuan kalau Sulistiyadi suaranya mirip sekali dengan Soeharto. Sehingga setiap tampil, pasti ada pidato Soeharto nya. Karena dianggap mengkritik pemerintah, sempat dosen-dosen tambang memanggil Permadi Gunadi (Ketua HMT di akhir 70an) dan memintanya mengingatkan agar OSD menjaga ucapannya ketika berada di panggung. Akan tetapi salah satu dosen, Pak Ir. Subeno (alm) jusru mendorong Permadi untuk memajukan OSD. Pada tahun 1979, OSD sempat rekaman satu album dengan 8 sampai 10 lagu yang diciptakan oleh personil-personilnya, sempat beredar dua mingguan, lantas kaset-kasetnya hilang menguap dari toko-toko kaset.

Pada tahun 1994 setelah lama OSD vakum, Afandi Mardani waktu itu mengusulkan kepada Joko (TE ’91) Kahim saat itu untuk kembali mengaktifkan OSD. OSD saat itu pun melakukan pencarian alat musik baru dan pembagian teks lagu OSD kepada anggota himpunan. Pada saat itulah pertama kali OSD merekam lagu-lagu dalam format mp3. Dimasa ini rekaman lagu-lagu OSD dalam format mp3 dilahirkan. Hasilnya ialah lagu-lagu yang dapat dinyanyikan dari generasi ke generasi. OSD dimasa sekarang adalah OSD yang ingin berkembang ke arah yang lebih baik.

Saat ini OSD sedang berusaha untuk mengembalikan eksistensinya seperti pada masa kejayaan Iwan Blow dkk. Frekuensi untuk tampil di muka publik terlebih masyarakat kampus ITB ditingkatkan. Hal ini dibuktikan dengan banyakkan kegiatan manggung diluar maupun di dalam kampus. Revolusi yang dilakukan ialah dengan didirikannya perkumpulan untuk fans – fans fanatik OSD yang dijuluki BOS DANGDUT. Kontribusi para BOS DANGDUT terbukti sangat efektif dalam menyebarkan aroma dangdut retro khas ala OSD. Semoga OSD saat ini dan yang akan datang mampu menunjukkan kehebatannya dimasa mendatang. (tulisan dari Pak Dhe)

ATAS NAMA DANGDUT DAN CINTA

  • Pusat: HMT-ITB Bandung
  • Cabang: Sangatta, Sorowako, Tembagapura.

 

DENGARKAN LAGU-LAGU OSD HMT-ITB

25 Karat

 

Amalan

 

Anissa

 

Berjumpa Lagi

 

Bos Dangdut

 

Boulevard

 

Darah Biru

 

DO

 

Erika

 

Hello

 

Jadi Direktur

 

Lihatlah Kawan

 

Malam Minggu

 

Sendiri Lagi

 

Sepuntung Rokok

 

Stand By Me

 

Waktu Masih SMA

 

Tonton OSD Beraksi

 

Boulevard – Hello (Part 1)

Boulevard – Hello (Part 2)

Bos Dangdut

Malam Minggu

Sendiri Lagi

Erika

Credits to: Daniel Roberto Simamora / 12115026

 

Beli Kaset OSD!!!

Hubungi: 087869240168 (Alexander, Ketua Tim OSD HMT-ITB 2018/2019)

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search