Pengaruh Media Sosial Dalam Membentuk Opini Publik

Home / Divisi Kajian / Pengaruh Media Sosial Dalam Membentuk Opini Publik

Pengaruh Media Sosial Dalam Membentuk Opini Publik

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blogjejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Media sosial memberikan pengaruh yang cukup besar dalam menyampaikan informasi mulai dari informasi terkini hingga informasi seputar hal pribadi seperti gaya hidup, pendidikan, dan lain lain. Namun media sosial juga merupakan media penyebaran yang sangat rawan. Hal ini dikarenakan filter dari informasi itu sendiri merupakan sang pengguna media sosial. Hal ini memberikan pandangan bahwa media massa 50% benar 50% disetir tergantung media massanya ( subjektif tiap orang berbeda memilih media massa yang dianggap terpercaya ).

Lalu bagaimana sebenarnya media massa dapat mengubah pandangan public? Media massa bekerja melalu penyebaran informasi. Adanya suatu hal yang dapat menimbulkan perpecahan, maka disitulah media massa terlihat secara langsung dapat mempengaruhi pandangan opini public. Media massa bisa saja mengarah kepada kepentingan yang benar atau justru malah sebaliknya. Kecendrungan ini biasanya didasari dari pengaruh yang berkerja pada media massa tersebut. Media massa kadang ada yang berdiri secara independent. Ada juga yang ditunggangi kepentingan politik oleh beberapa golongan. Bahkan ada juga media massa yang bisa ditunggangi atau disetir pemerintah.

Media massa sebagai jembatan informasi kepada masyarakat. Seharusnya menampilkan informasi sejelasjeasnya dan tidak hanya dari satu sudut pandang. Media massa memegang peranan krusial dalam kestabilan sosial.

Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search