S2, KERJA, ATAU NIKAH ?

Home / Divisi Kajian / S2, KERJA, ATAU NIKAH ?

S2, KERJA, ATAU NIKAH ?

Kuliah atau menjadi mahasiswa dilakukan setelah seseorang melaksanakan wajib belajar 12 tahun. Dalam perkuliahan yang ditempuh dalam 8 semester yang idealnya 4 tahun, kemudian mahasiswa dihadapkan pada suatu pilihan kembali, yakni antara melanjutkan ke jenjang strata 2 (S2), bekerja dan mengaplikasikan ilmu yang didapat selama ini, atau menikah dan menjalani kehidupan berumahtangga.

Untuk yang menginginkan memiliki pendidikan formal yang lebih mendalami materi dalam S1, biasanya mahasiswa cenderung untuk langsung mengambil S2, terkhusus lagi sekarang terdapat suatu program di ITB yang mempercepat masa kuliah S2 sehingga dapat hanya menambah 1 tahun untuk meraih gelar strata 2.

Sebagian orang berpendapat bahwa ilmu di jenjang S1 terlebih dahulu diaplikasikan dalam dunia kerja. Selain karena tujuan ingin mandiri dan dapat memulai untuk menabung guna keperluan masa depan, nyatanya banyak pula yang memilih bekerja hanya karena ingin merasakan dunia kerja baru kemudian mereka memutuskan untuk kembali mengambil S2.

Pernikahan merupakan penyatuan dua manusia dalam suatu ikatan yang sakral. Bagi sebagian orang merasa bahwa menikah tidak harus menunggu kita sukses segingga dapat dilaksanakan secepatnya setelah menempuh pendidikan kuliah. Adapula yang berpendapat bahwa menikah sebagai penyemangat untuk mereka bekerja kemudian lanjut S2 yang kesemuanya dapat dilakukan dalam kondisi setelah menikah.

Dari pembahasan, dapat disimpulkan :

  • Pada dasarnya diantara ketigahal diatas, kesemuanya masih dapat dilaksanakan hanya masalah prioritas dan pilihan waktu. Kita bisa memulai dari S2, bekerja kemudian menikah. Atau kita mulai dari menikah, bekerja kemudia S2, atau bahkan kita mulai dari bekerja, S2, lalu menikah atau banyak lagi variasi lainnya sesuai dengan prioritas kita masing-masing.
  • Ketiga hal tersebut sama-sama membawa hal positif bagi pelakunya.
  • Untuk yang measa pendidikan formalnya hanya dicukupkan dalam S1 kemudian memilih untuk bekerja dan menikah pun adalah keputusan yang benar sesuai yang mereka inginkan dan butuhkan.
Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search