VIRUS ZIKA BELUM MENGANCAM INDONESIA

Home / Articare (Divisi Sosial Kemasyarakatan) / VIRUS ZIKA BELUM MENGANCAM INDONESIA

VIRUS ZIKA BELUM MENGANCAM INDONESIA

by Tim Sosial Kemasyarakatan 2015/2016 HMT-ITB

 

Virus zika adalah penyakit yang ditemukan pertama kali pada hewan monyet di Uganda tahun 1947 dan ditransmisikan oleh hewan nyamuk aedes africanus di hutan Negara yang sama. Sampai sekarang, penyebaran virus zika sudah menyebar keluar afrika hingga terakhir sedang marak terjadi di Negara Brazil.

Brazil yang merupakan tuan rumah olimpiade pada agustus 2016 mendatang hingga saat ini sudah ada sebanyak 4000 bayi yang dilahirkan mengalami microcephaly (pengecilan tengkorak kepala dan juga penciutan otak) akibat serangan virus zika ini.

1

 

2

Di Indonesia sendiri, wabah virus zika ini baru terjadi di Daerah Jambi pada 2015. Namun menurut CA Nidom yang merupakan peneliti dan guru besar biokimia dan biologi molekuler Universitas Airlangga virus ini tidak lebih berbahaya daripada DBD atau demam berdarah dikarenakan di Indonesia, kedua penyakit ini di sebabkan oleh nyamuk aedes agepty. Virus zika di Indonesia (Jambi) sama dengan virus yang ditemukan di mikronesia, Filipina, dan kamboja dan tidak pernah dilaporkan berkaitan dengan penyusutan otak. Untuk sekarang ini, baru di brazil yang ditemukan terdapat microcephali pada bayi penderita virus zika.

3

Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

b20