Stok Batubara untuk Sektor Kelistrikan Kritis, Pemerintah Larang Ekspor Batubara Mulai 1 Januari 2022

Resmi mulai tanggal 1 Januari 2022 pemerintah mengeluarkan larangan ekspor batubara. Hal tersebut disampaikan pada tanggal 31 Desember 2021 melalui Dirjen Minerba pada surat nomor B-1605/MB.05/DJB.B/2021 yang berisi penetapan beberapa keputusan terkait pelarangan ekspor batubara.

Surat tersebut berisikan tentang larangan kegiatan penjualan batubara ke luar negeri sejak tanggal 1 – 31 Januari 2022 dan perusahaan batubara diwajibkan untuk memasok seluruh produksi batubaranya untuk kebutuhan dalam negeri kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN) serta Independent Power Producer (IPP).

Selain itu, jika terdapat hasil produksi batubara di pelabuhan muat dan/atau telah dimuat di kapal, maka perusahaan diinstruksikan untuk segera mengirimkan batubara tersebut ke Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) milik PLN dan IPP.

Keputusan tersebut dikeluarkan karena adanya krisis pasokan batubara PLN untuk kebutuhan listrik dalam negeri dan juga untuk mengamankan stok batubara di bulan Februari yang diperkirakan nantinya Indonesia mengalami cuaca ekstrem.

Pelarangan ekspor batubara ini akan ditinjau dan dievaluasi keberjalanannya berdasarkan realisasi dari pasokan batubara di PLTU milik PLN dan IPP.

Sumber :
Indrawan, Rio. ” Pasokan untuk Pembangkit Listrik Kritis, Pemerintah Larang Ekspor Batu bara Hingga 31 Januari 2022”. Dunia Energi. 01 januari 2022, https://www.dunia-energi.com/pasokan-untuk-pembangkit-listrik-kritis-pemerintah-larang-ekspor-batu-bara-hingga-31-januari-2022/. Perwitasari, Anna Suci. ”Seluruh Perusahaan Batubara Dilarang Ekspor Hingga 31 Januari 2022”. Kontan.co.id 01 Januari 2022, https://industri.kontan.co.id/news/seluruh-perusahaan-batubara-dilarang-ekspor-hingga-31-januari-2022.

Leave a Reply